PENGALAMAN KE KANTOR CNN INDONESIA


Manusia jika ingin terus berkembang harus rajin mempelajari hal yang baru, pengetahuan yang baru, dan wawasan yang luas. Seperti pengalaman yang saya dapatkan ketika mengunjungi kantor CNN Indonesia yang terletak di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, pada Jumat, 28 April 2017, membuat saya takjub akan keprofesionalitasan para jurnalis yang bekerja di CNN Indonesia.



CNN Indonesia yang resmi Grand Launching pada 15 Desember 2017, berada satu lingkup di bawah naungan Transmedia (di dalamnya juga ada Trans TV & Trans 7), melebarkan sayapnya di Indonesia guna menyebarkan informasi terpercaya, maksudnya biarpun mereka bukan pertama yang melaporkan sebuah kasus atau peristiwa, tetapi tingkat kredibilitas informasinya tetap terjaga. Bahkan ke dalaman beritanya terhadap pemberitaan sebuah informasi yang eksklusif pun layak untuk diacungi dua jempol.

Pada saat media visit ke kantor CNN Indonesia, saya bersama teman-teman dari kampus dipandu oleh Marketing PR yang cantik dari CNN Indonesia, yakni Dinda Ayu Wibawa. Dinda mengarahkan saya dan teman-teman ke ruang-ruang kerja yang digunakan oleh CNN Indonesia.



Pertama, kami mengunjungi studio tiga, sebelum digunakan untuk program Insight CNN Indonesia, studio ini digunakan oleh Trans TV untuk program ‘Ceriwis’. Kami sempat bingung karena ruangan yang jika dilihat melalui layar televisi terlihat besar, tapi jika dilihat secara langsung ukuran ruangan studio tiga ini kecil. Di dalam studio tersebut terdapat kamera yang sudah dihiasi dengan prompter sehingga presenter atau host dapat membaca teks langsung dengan melihat ke arah kamera.

Selain itu, ada juga layar plasma touchscreen pada studio tiga yang digunakan untuk memperlihatkan slide suatu informasi. Ruangan studio tiga suhunya sangat dingin dikarenakan untuk mendinginkan alat-alat studio seperti lampu, kamera, dan mesin-mesin lainnya. Dari studio tiga juga kami dapat melihat control room yang berada di belakang kamera di studio ini. 



Johan selaku satu dari delapan program director untuk CNN Indonesia, menjelaskan kepada kami tugas apa saja yang harus dijalani sebagai program director. Johan menyatakan, program director merupakan pilot dari sebuah program. Program Director juga harus mengerti semua item yang dibutuhkan oleh sebuah program, salah satunya yang paling krusial menurut Johan ialah komposisi gambar. Maksudnya, komposisi gambar tersebut mengarah pada sisi kamera dari segi medium close up, wide shot, dan full shot. Lalu program director pun harus memahami komposisi lighting supaya sinar dari lampu merata saat melakukan siaran.



Setelah itu, Johan juga menyatakan, program director juga harus memahami materi yang diperlukan dalam sebuah program, misalnya timing pemutaran bumper yang tepat, timing letak pemutaran VT untuk mendukung siaran, timing anchor untuk mulai dan berhenti berbicara, timing anchor untuk koordinasi dengan MCR (Master Control Room), kebutuhan Audio (misalnya berapa banyak clip on yang digunakan), dan timing untuk program untuk kembali siaran setelah jeda comebreak. Intinya untuk menjadi seorang program director, Johan menyatakan, harus artikulatif (jelas komentarnya), karena semua komen yang diutarakan PD merupakan keputusan PD. Jadi, apabila tidak artikulatif, sangat berbahaya untuk menjalankan suatu siaran dari sebuah program.

Pada control room terdapat aturan untuk dua kategori penyiaran, yakni multi-cam system dan single cam system. Untuk multi-cam system tersambung dengan mixer audio, lighting, switcher, VTR (untuk play materi, bumper, CG, dan siaran live). Sementara single cam atau multi-cam tanpa sistem biasanya digunakan untuk tapping.

Kemudian setelah melihat-lihat studio tiga, saya dan teman-teman mengikuti Dinda untuk mengunjungi studio dua CNN Indonesia. Ukuran studio dua sangatlah besar ketimbang studio tiga. Saya tidak memfoto studio tersebut dikarenakan sedang ada siaran live, makanya saya saya tidak memfoto supaya tidak mengganggu jalannya siaran live tersebut. Dinda mengungkapkan, MCR (Master Control Room) yang ada di studio dua juga lebih besar dari studio tiga. Dalam studio dua, yang biasa terlibat pada proses syuting, yaitu Produser, Eksekutif Produser, Switcher, Audio Person, Lighting Person, Program Director, Camera Person, dan lain-lain.



Terakhir, kami diajak oleh Dinda ke ruangan rapat CNN Indonesia. Di sana Dinda menjelaskan lebih dalam tentang CNN. Dinda menyatakan, pada newsroom terdapat area yang dinamakan The Row. Keputusan untuk memilih digunakannya atau tidaknya naskah berada di ruangan ‘The Row’. Sementara ada ruangan berbentuk lingkaran yang biasanya digunakan untuk news gathering. Siaran pemberitaan atau informasi dari CNN dapat dinikmati melalui media yang masih di bawah naungan Transmedia seperti Trans TV, Transvision, Indihome, dan lain-lain. 



Jika ada breaking news, ruangan yang digunakan untuk news gathering tersebut akan ramai dipenuhi oleh direktur peliputan dan tim lainnya. Namun, meskipun bad news is always a good news, CNN tidak boleh berpihak, tidak menyebarkan berita secepat mungkin, menjunjung tinggi indepen, harus adil, akurat dan transparan. Jadi, CNN tidak akan menyebarkan berita yang faktanya sebabnya belum jelas karena CNN menjaga tanggung jawab moral masyarakat supaya tidak ada kecemasan di benak khalayak.



Penulis: Varied 'Youwich' Hardika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 TAHAP UNTUK JADI JURNALIS MUSIK